Pijat Refleksi Kaki untuk Atasi Hipertensi pada Lansia

Faridah Umamah, S. Kep. Ns. M. Kep – Dosen Keperawatan Bidang ilmu Keperawatan Gerontik

HIPERTENSI atau tekanan darah tinggi tidak dapat dianggap penyakit yang ringan. Gejala dan keluhan mungkin dapat diabaikan. Namun, perlu diketahui bahwa hipertensi merupakan faktor risiko utama dari penyakit jantung dan stroke.

Penyakit hipertensi juga disebut sebagai “the silent disease” karena tidak dapat dilihat dari luar. Perkembangan hipertensi berjalan secara perlahan, tetapi secara potensial sangat berbahaya.

Penderita biasanya tidak menunjukkan gejala dan diagnosis hipertensi selalu dihubungkan dengan kecenderungan penggunaan obat seumur hidup.

Ketika obat anti hipertensi digunakan sebagai pengobatan farmakologis, pengobatan non farmakologis juga sangat diperlukan sebagai penunjang untuk mengatasi serangan  hipertensi.

 

Penatalaksanaan non farmakologi salah satunya adalah dengan pijat refleksi kaki.

Banyak dampak yang timbul apabila kita tidak melakukan upaya untuk menghindari bahkan mengontrol tekanan darah agar tetap normal, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, kerusakan pembuluh darah otak dan gagal ginjal

Apakah itu Pijat Refleksi Kaki?

Pijat reflkesi kaki  merupakan akupuntur yang diterapkan pada kaki yang dapat digunakan untuk memperingan penderita hipertensi.

Manfaat Pijat Refleksi Kaki

  1. Melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh senantiasa dalam kebugaran dan kesehatan optimal.
  2. Membantu mengurangi berbagai keluhan dan kelelahan tubuh serta pikiran sesudah sekian hari bekerja.
  3. Merangsang produksi hormon endorfin yang mampu memberikan relaksasi bagi tubuh.
  4. Membebaskan toksin yang merupakan sumber penyakit potensial dari dalam tubuh.
  5. Memperkuat fungsi system limfatik sehingga mengusir racun dan zat berbahaya lain dari dalam tubuh.
  6. Mengembalikan keseimbangan kimiawi serta meningkatkan imunitas di dalam tubuh.
  7. Memperbaiki keseimbangan potensi elektrikal pada berbagai bagian tubuh melalui perbaikan kondisi zona yang berhubungan.
  8. Memperkuat mekanisme penyembuhan diri alami.
  9. Merangsang semua kelenjar dan terutama membawa relaksasi yang mendukung proses penyembuhan di semua sistem lain.
  10. Membantu melancarkan pemenuhan kebutuhan oksigen dan nutrisi.

Macam-Macam Pijat refleksi Kaki

  1. Sandal Refleksi Kaki

Menggunakan bahan dari plastik atau karet yang lebih elastis sehingga bentuknya mengikuti lengkungan kaki, seperti halnya sandal refleksi kayu.

Sandal refleksi plastik juga terdapat tonjolan-tonjolan yang berfungsi merefleksikan syaraf pada telapak kaki. Cara pemakaian cukup 15 menit perhari di waktu pagi dan di iringi minum air hangat kuku.

  1. Sandal Refleksi Kayu

Berbentuk kayu selop, lebih ringan dan tidak terlalu berat, bentuk tonjolan refleksi (pijat) ada yang tinggi dan ada yang pendek menyesuaikan posisi telapak kaki, sehingga saat dipakai tidak dapat mengenai semua sisi telapak kaki.

Sandal ini terbuat dari kayu pilihan yang halus dan tahan patah, kayu berwarna putih coklat susu dan tali warna hitam terbuat dari karet yang kuat sebagai penahan punggung kaki.

Tatanan lapisan bawah sandal titik licin saat dipakai sekalipun tanah atau ubinnya licin, sehingga dapat dipakai dalam kondisi apapun saat bekerja/istirahat didalam kantor, jalan pagi sehat maupun berjalan keluar rumah.

Prinsip kerja sandal refleksi ini adalah pada awal pemakaian, kaki akan terasa sedikit sakit karena hal ini disebabkan aliran darah anda bekerj.

Tonjolan-tonjolan pada sandal akan mengikuti setiap perubahan berat dari langkah anda, sehingga kuat tidaknya pijatan pada kaki disesuaikan dengan berat badan anda.

Masing-masing tonjolan pada sandal refleksi akan bekerja sesuai dengan titik-titik kaupuntur yang terhubung langsung ke organ lainnya.

  1. Alas Kaki Magnet

Terbuat dari karet (warna coklat) dan terdapat logam magnet dibagian tengahnya, digunakan dengan cara diselipkan kedalam sepatu sebagai alas kaki.

Alat ini merupakan hasil penemuan terbaru jepang, yang dirancang khusus agar berfungsi meningkatkan kesehatan tubuh, mempergunakan tusuk kaki (akupuntur) dan magnetik.

Alat ini mampu bekerja untuk memperlancar kelenjar-kelenjar hormon pertumbuhan dan peredaran darah di tubuh manusia serta memperkuat daya tahan tubuh (kekebalan) melalui titik-titik pada syaraf kaki.

2. Stick Refleksi Kayu

Alat bantu pijat yang terbuat dari kayu yang berfungsi untuk menguatkan pijatan terutama pada titik-titik refleksi yang sukar dijangkau dengan media jari tangan.

Cara menggunakan alat ini dengan cara tekan oada titik refleksi di telapak kaki dan tangan guna menghancurkan kristal-kristal biang penyakit yang mengakibatkan terganggunya peredaran darah.

3. Refleksi kaki metode manual

Di lakukan dnegan cara menekan titik-titik syaraf yang ada di kaki dengan tangan tanpa alat maupun listrik. *

 

Bagaimana Reaksi Anda?

sumber :https://duta.co/pijat-refleksi-kaki-untuk-atasi-hipertensi-pada-lansia